Inovasi Go-Jek
Oleh: Devi Wijayanti (08)
Go-Jek merupakan sebuah perusahaan teknologi
asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini
didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini Go-Jek tersedia di 50 kota di Indonesia.
Pada tahun 2010, tepat
pada tanggal 13 Oktober 2010, Go-Jek
resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu pengemudi masih
mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek.
Pada tahun 2015, Go-Jek memberikan
inovasi terbarunya kepada pemakai aplikasi. Go-Food
yaitu fitur yang disajikan pihak Go-Jek
yang memungkinkan pengguna untuk memesan makanan dari berbagai restoran
pilihan. Go-Box yaitu pemesanan jasa
mobil pickup hingga truk dengan boks besar untuk mengantar dari tempat asal ke
tempat tujuan.
Agustus 2016, Go-Jek mendapat status Unicorn, sebuah sebutan bagi perusahaan
rintisan swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari 1 miliar dollar AS. Fitur
baru dari Go-Jek adalah Go-Pay. Go-Pay adalah metode pembayaran yang disiapkan oleh pihak developer sebagai media pembayaran jasa
dengan saldo yang terhubung dengan kartu ATM. Apabila saldo habis, dapat di isi
ulang lewat M-Banking atau ATM biasa. Selain itu, ada fitur Go-Point yang berasal dari transaksi Go-Pay yang menjadi token dan token
tersebut bisa digunakan untuk bermain game
dan mendapatkan poin yang banyak, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai
macam hadiah menarik.
Keuntungan yang diperoleh
dari pengguna layanan Go-Jek salah
satunya adalah dapat mengetahui berapa ongkos yang harus di keluarkan calon
penumpang agar sampai tujuan dengan mengandalkan perkiraan jarak. Manfaat dari
keuntungan ini adalah para pengguna layanan bisa menyiapkan dana yang
diperlukan tanpa perlu khawatir ongkos tidak cukup. Adanya fitur ini juga
membuat pengguna layanan menjadi lebih percaya karena harga yang transparan dan
konsisten.
Pengguna layanan atau
calon penumpang tak pelu khawatir soal identitas pengemudi karena Anda bisa
melihat foto pengemudi, nomor telepon, dan plat nomor kendaraannya. Fitur lain
yang disuguhkan oleh pemberi layanan yaitu adanya informasi mengenai waktu
penjemputan dan berapa lama tiba di lokasi tujuan sehingga pengguna layanan
merasa nyaman. Harga yang disajikan dari pihak Go-Jek ke pengguna layanan cenderung relatif lebih rendah dari
harga yang ditawarkan ojek konvensional. Tawaran harga relatif lebih rendah dan
promo-promo menarik dari aplikasi ini memanjakan para penggunanya.
Komentar
Posting Komentar