Inovasi Go-Jek

Oleh: Devi Wijayanti (08)

Go-Jek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini Go-Jek tersedia di 50  kota di Indonesia.
Pada tahun 2010, tepat pada tanggal 13 Oktober 2010, Go-Jek resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu pengemudi masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada tahun 2015, Go-Jek memberikan inovasi terbarunya kepada pemakai aplikasi. Go-Food yaitu fitur yang disajikan pihak Go-Jek yang memungkinkan pengguna untuk memesan makanan dari berbagai restoran pilihan. Go-Box yaitu pemesanan jasa mobil pickup hingga truk dengan boks besar untuk mengantar dari tempat asal ke tempat tujuan.
Agustus 2016, Go-Jek mendapat status Unicorn, sebuah sebutan bagi perusahaan rintisan swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari 1 miliar dollar AS. Fitur baru dari Go-Jek adalah Go-Pay. Go-Pay adalah metode pembayaran yang disiapkan oleh pihak developer sebagai media pembayaran jasa dengan saldo yang terhubung dengan kartu ATM. Apabila saldo habis, dapat di isi ulang lewat M-Banking atau ATM biasa. Selain itu, ada fitur Go-Point yang berasal dari transaksi Go-Pay yang menjadi token dan token tersebut bisa digunakan untuk bermain game dan mendapatkan poin yang banyak, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik.
Keuntungan yang diperoleh dari pengguna layanan Go-Jek salah satunya adalah dapat mengetahui berapa ongkos yang harus di keluarkan calon penumpang agar sampai tujuan dengan mengandalkan perkiraan jarak. Manfaat dari keuntungan ini adalah para pengguna layanan bisa menyiapkan dana yang diperlukan tanpa perlu khawatir ongkos tidak cukup. Adanya fitur ini juga membuat pengguna layanan menjadi lebih percaya karena harga yang transparan dan konsisten.
Pengguna layanan atau calon penumpang tak pelu khawatir soal identitas pengemudi karena Anda bisa melihat foto pengemudi, nomor telepon, dan plat nomor kendaraannya. Fitur lain yang disuguhkan oleh pemberi layanan yaitu adanya informasi mengenai waktu penjemputan dan berapa lama tiba di lokasi tujuan sehingga pengguna layanan merasa nyaman. Harga yang disajikan dari pihak Go-Jek ke pengguna layanan cenderung relatif lebih rendah dari harga yang ditawarkan ojek konvensional. Tawaran harga relatif lebih rendah dan promo-promo menarik dari aplikasi ini memanjakan para penggunanya.

Komentar

Postingan Populer

Translate

Total Tayangan Halaman